Penyebab Seseorang Phobia Badut

Badut yang hadir dengan riasan dan kostum unik bisa membuat orang yang melihatnya menjadi terhibur. Akan tetapi, pada sebagian orang justru takut dan memiliki phobia badut. Phobia badut juga bisa disebut dengan istilah coulrophobia. Kondisi ini menyebabkan rasa takut yang intens terhadap apa pun yang berkaitan dengan badut. Sering kali, phobia muncul akibat peristiwa traumatis di masa lalu.

badut

Phobia badut termasuk dalam kategori fobia spesifik. Phobia badut ini dapat memengaruhi perilaku dan kehidupan sehari-hari penderitanya. Sama seperti fobia lainnya, phobia badut juga dapat menimbulkan gejala fisik dan mental tertentu, di antaranya:

  • Ketakutan hebat
  • Mual
  • Panik
  • Gelisah
  • Keringat dingin
  • Gemetaran
  • Mulut kering
  • Detak jantung meningkat
  • Sulit bernapas.

Penderita phobia ini juga akan mengalami ledakan emosi yang berlebihan, seperti marah, berteriak, atau menangis, saat melihat badut. Bahkan hanya dengan melihat gambar atau videonya saja bisa memicu rasa takut pada penderita phobia ini. Kondisi ini membuat orang yang punya coulrophobia akan sulit untuk datang ke acara sirkus atau karnaval yang biasanya menampilkan badut.

Penyebab phobia badut

Phobia badut sering kali berasal dari peristiwa yang sangat traumatis dan menakutkan. Akan tetapi, sebagian orang mungkin tidak tahu dari mana ketakutan itu berasal. Meski demikian, kondisi ini terdapat beberapa kemungkinan penyebab phobia badut, yakni.

  1. Pengalaman traumatis

Berada dalam situasi yang menyeramkan bersama badut, di mana seseorang tidak berdaya atau tidak dapat melarikan diri dari situasi tersebut bisa menjadi pengalaman traumatis. Sejak saat itu, otak dan tubuh telah terdoktrin untuk melarikan diri dari situasi apa pun yang melibatkan badut. Dengan kata lain, phobia ini dipicu oleh trauma dalam hidup Anda akan badut.

  • Film menakutkan

Menonton terlalu banyak film badut yang menakutkan pada masa kanak-kanak dapat memiliki dampak yang bertahan lama. Hal ini bisa memicu seseorang mengalami coulrophobia.

  • Melihat orang lain

Meski jarang terjadi, coulrophobia juga dapat terjadi karena melihat orang lain yang ketakutan terhadap badut. Misalnya, ibu atau kakak Anda phobia badut, Anda pun akan melihat dan mempelajari bahwa badut adalah hal yang perlu ditakuti. Pada orang dewasa, ketakutan saat menonton film badut yang menyeramkan umumnya merupakan hal yang berbeda dengan phobia badut. Phobia memicu kepanikan yang mendalam dan emosi yang intens, sedangkan film hanya memicu perasaan tersebut sesaat saja. Meski begitu, menonton film badut yang menyeramkan juga dapat memperparah coulrophobia.

Jika ketakutan yang Anda rasakan masih bisa dikendalikan, maka tidak ada pengobatan yang perlu dilakukan. Namun, bila ketakutan tersebut sudah masuk ke dalam kategori fobia yang cukup traumatis, Anda mungkin perlu pengobatan khusus guna memperbaiki kondisi mental dan emosional.

Cara mudahnya bisa dilakukan dengan rutin melakukan perawatan sederhana di rumah. Misalnya dengan latihan pernapasan, yoga, meditasi, atau menulis jurnal harian. Anda juga bisa mengunjungi terapis untuk menjadwalkan konseling secara berkala. Di sini, terapis yang akan menentukan terapi apa yang sesuai dengan keparahan fobia Anda.

Jika diperlukan, obat-obatan bisa diberikan untuk mengatasi gejala kecemasan dan kepanikan yang kerap menghantui diri Anda saat berpikiran mengenai badut. Meski begitu, konsumsi obat hanya diberikan di awal perawatan Anda. Jadi, ini bukan merupakan jaminan pengobatan untuk jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *