Merasa Hidup Tidak Berharga karena Kesulitan Mengelola Stres

Merasa hidup tidak berharga

Stres mengganggu kesehatan fisik maupun mental. Merasa hidup tidak berharga bisa jadi merupakan salah satu akibat kesulitan mengontrol tingkat stres. Perlu strategi khusus untuk mengembalikan kepercayaan diri. Stres perlu diperbaiki terlebih dahulu yaitu dengan menemukan cara yang tepat untuk mengelolanya.  

Gambaran perasaan tidak berharga

Perasaan tidak berharga menggambarkan suatu perasaan mengenai rendahnya harga diri, rasa malu, atau tidak percaya diri yang mengganggu dan membuat hati tidak nyaman. Diam-diam Anda akan merasa takut mengambil keputusan dan risiko, serta tidak ingin orang lain melihat apa yang terjadi di dalam diri Anda. 

Perasaan tidak berharga bisa saja telah disimpan dalam waktu yang cukup lama dan telah meresap ke dalam jiwa. 

Penyebab kesulitan mengelola stres

Kondisi stres akut maupun kronis bisa memengaruhi persepsi mengenai diri sendiri. Stres kronis biasanya bertahan lebih lama dan lebih sulit disembuhkan. Jika Anda kesulitan mengatasi stres maka risiko munculnya perasaan tidak berharga akan semakin tinggi. Stres dapat disebabkan karena beberapa masalah seperti keuangan, perceraian, atau kehilangan pekerjaan. 

Meningkatkan perasaan menghargai diri sendiri

Merasa hidup tidak berharga membuat seseorang depresi jika tidak teratasi dengan baik. Berikut ini beberapa cara agar Anda dapat lebih menghargai diri sendiri:

  1. Sadari adanya perasaan tidak berharga

Identifikasi dan pengakuan suatu emosi bertujuan agar Anda dapat menemukan solusi. Setelah Anda mengakui perasaan tidak berharga, maka emosi tidak akan lagi berkuasa atas diri Anda. Akui bahwa persaan tidak berharga akan mengganggu kehidupan Anda dan tidak layak berada terlalu lama di dalam pikiran. 

  1. Ingat kembali penyebab munculnya ketidakpercayaan diri

Coba ingat kembali momen-moman yang menjadi penyebab Anda merasa tidak berharga dan tidak percaya diri. Misalnya, pasangan terus menerus menjelaskan kepada Anda bahwa Anda tidak pantas mendapatkan hal-hal yang menyenangkan. Kemudian seiring berjalannya waktu secara tidak sadar Anda masukkan kata-kata tersebut ke dalam hati dan meyakini pendapat tersebut, meskipun sebenarnya tidak demikian. 

  1. Ubah pola pikir Anda tentang masa lalu

Anda perlu menyadari bahwa apapun yang menyakitkan di masa lalu tidak pernah ada hubungannya dengan harga diri dan nilai pribadi Anda. 

  1. Tulislah jurnal harian

Mulailah menulis jurnal tentang perasaan yang muncul setiap harinya. Kemudian Anda dapat bertanya kepada diri sendiri mengenai hal-hal yang menyebabkan Anda merasa tidak berharga, perasaan ragu, serta pikiran negatif. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan didapatkan dari pola perasaan yang Anda tulis setiap harinya. 

  1. Menyadari secara penuh apa yang Anda pikirkan 

Coba untuk mengontrol diri setiap kali perasaan tidak berharga muncul dan mengganggu pikiran Anda. Biasanya akan muncul perasaan pesimis dan menyalahkan diri sendiri. Ingat bahwa Anda adalah tuan untuk diri Anda sendiri. Jangan biarkan pikiran-pikiran negatif masuk.

  1. Beri afirmasi positif mengenai diri Anda

Afirmasi positif sebaiknya terus menerus diinternalisasi ke dalam pikiran. Bila perlu tulis di cermin, pasang di layar utama handphone, atau dinding kamar. Tujuannya agar Anda dapat selalu mengingatnya.  

  1. Minta maaf kepada diri sendiri

Bersikaplah lembut terhadap diri sendiri saat mencoba untuk melepaskan perasaan tidak berharga tersebut. Ucapkan selamat tinggal terhadap pikiran-pikiran negatif lainnya dan buka diri terhadap kemungkinan baru. Hargai semua keputusan baik yang Anda buat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *