Mengetahui Layanan RS Universitas Indonesia sebagai RSPTN Pertama di Indonesia

Kondisi kesehatan tubuh menurun adalah yang paling dihindari oleh setiap orang. Namun jika hal ini terjadi, Anda bisa mengunjungi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan perawatan tenaga medis. Di Indonesia terdapat banyak jenis fasilitas kesehatan yang tersedia, salah satunya adalah Rumah Sakit Universitas Indonesia.

RS Universitas Indonesia (RSUI) di Depok

RS Universitas Indonesia merupakan salah satu Rumah sakit Pendidikan di Indonesia. Apa itu RS Pendidikan? Lalu, apa bedanya dengan rumah sakit non pendidikan? Berikut ulasannya.

Pengertian Rumah Sakit Pendidikan

Rumah sakit pendidikan merupakan rumah sakit yang memiliki fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, serta pelayanan kesehatan secara terpadu dengan bidang pendidikan kedokteran dan profesi medis lainnya. Ini tentunya berbeda dengan rumah sakit non pendidikan yang hanya melakukan pelayanan kesehatan atau pelayanan medik.

Beberapa persyaratan dan tugas yang harus dimiliki oleh RS Pendidikan adalah seperti:

  • Mempunyai pendidik dengan kualifikasi dokter spesialis
  • Mempunyai perjanjian kerja sama dengan penyelenggara pendidikan kedokteran
  • Menyelenggarakan pendidikan klinis kedokteran
  • Mengaplikasikan dan menerapkan keterampilan serta keahlian klinik dokter
  • Melakukan program penelitian secara rutin untuk pengembangan ilmu kesehatan

RS Universitas Indonesia sebagai RSPTN

Mengusung konsep Green Hospital, RS Universitas Indonesia didirikan sebagai rumah sakit pendidikan tinggi negeri (RSPTN) pertama di Indonesia. Rumah sakit ini dibangun sebagai lahan bagi pendidikan profesional pada beberapa fakultas di Universitas Indonesia dalam rumpun ilmu kesehatan.

RS UI juga telah resmi dibuka untuk umum pada tahun 2019 dan berperan sebagai pengampu rumah sakit serta puskesmas di wilayah Kota Depok. Hal ini bertujuan untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi antara satu faskes dan faskes lainnya. 

Layanan RS Universitas Indonesia

RS UI memiliki kapasitas 300 tempat tidur dan beberapa jenis klinik, antara lain:

  1. Klinik Bedah

Klinik bedah RSUI dibagi menjadi beberapa divisi untuk memfokuskan tindakan bedah minimal-invasive yang bertujuan untuk meminimalisir luka besar. Beberapa divisi pada klinik bedah RS Universitas Indonesia adalah:

  • Divisi bedah plastik, yang melayani kasus bedah rekonstruksi jaringan atau organ, luka bakar, dan kelainan tulang wajah bawaan
  • Divisi bedah toraks dan kardiovaskular, melayani kasus bedah toraks dan jantung
  • Divisi bedah anak, fokus melayani kasus bedah pada pasien anak-anak
  • Divisi bedah digestif, melayani kasus bedah pada sistem pencernaan
  • Divisi bedah umum, melayani kasus penanganan luka terbuka atau kondisi umum lainnya.
  1. Klinik Jantung

RSUI memiliki layanan untuk pemasangan kateter jantung dan menangani gangguan jantung lainnya seperti infeksi jantung, jantung bawaan, dan jantung koroner. Klinik ini juga mempunyai beberapa fasilitas seperti treadmill, echokardiografi, elektrokardiografi, layanan vaskuler, holter, Transesophageal Echocardiography (TEE), dan ruang perawatan jantung intensif untuk pasien dengan perawatan observasi ketat.

  1. Klinik Saraf

RS UI memiliki program layanan unggulan pada klinik saraf yaitu:

  • Fungsi luhur
  • Gangguan motorik
  • Neurorestorasi
  • Stroke intensive care dan intervensi neurologi
  • Neuro Infeksi dan Imunologi
  • Neurofisiologi

Layanan klinik lainnya dari rumah sakit ini adalah seperti klinik anak, gigi, gizi, obgyn, penyakit dalam, umum, dan radiologi.

Selain itu, RS Universitas Indonesia juga memiliki pelayanan kedokteran forensik dan medikolegal yang dapat membantu proses peradilan melalui pemeriksaan kedokteran forensik dan medikolegal.

RS Universitas Indonesia terletak di Jalan Prof. Bahder Djohan Kampus UI, Depok.Jam operasional dari RS tipe B ini adalah senin hingga minggu dan unit gawat darurat 24 jam. Bagi Anda yang membutuhkan penanganan medis dan berada di wilayah Depok, Anda dapat mengunjungi faskes ini untuk segera mendapatkan pertolongan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *