Mari Berkenalan Dengan Berbagai Makanan Khas Yunani

Yunani memiliki makanan khas yang kebanyakan sehat. Mungkin masih belum banyak yang mengetahui tentang makanan khas Yunani. Padahal berbagai makanan Yunani memiliki komposisi yang menyehatkan. Kandungan makanan khas Yunani umumnya adalah sayur, gandum, buah, kacang, serta hasil laut. Berbagai makanan sehat khas Yunanai bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena obesitas, diabetes, serangan jantung, dan stroke. Berikut ini 8 makanan khas Yunani yang sebaiknya Anda ketahui.

  1. Tzatziki

Makanan khas Yunani yang pertama bernama tzatziki. Namanya memang cukup sulit dilafalkan, namun tzatziki merupakan salad khas Yunani. Warna tzatziki puih berbentuk seperti saus krim yang bertekstur kental. Bahan lain yang digunakan dalam salad ini yaitu oregano, timun, olive, dan bawang bombai.

  • Baklava

Baklava merupakan makanan khas yunani yang terbuat dari berbagai jenis kacang-kacangan. Baklava termasuk dalam kategori pastry. Oleh karena itu baklava tergolong cemilan, bukan makanan berat atau inti. Baklava merupakan makanan identitas terutama bagi penduduk di daerah Turki dan Yunani.

  • Hummus

Jika Anda belum mengenal hummus, maka Anda belum mengenal makanan khas Yunani. Hummus merupakan makanan khas Yunani yang cukup terkenal. Hummus berbentuk selati atau produk kulitnya sehingga membuat badannya tetap seimbang, mengendalikan berat badan, kadar gula rendah, dan yang paling wajib adalah menjaga kesehatan.  

  • Udang Saganaki

Udang Saganaki termasuk salah satu makanan khas Yunani yang lezat nan sehat. Diolah dengan saus tomat gurih, udang Saganaki bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Keistimewaan udang Saganaki yaitu tidak menimbulkan kolesterol sama sekali meski Anda sering mengonsumsinya. Dengan rajin mengonsumsi udang Saganaki, risiko terkena kanker prostat dan inflamasi akan menurun. Selain itu, kandungan protein udang ini sekitar 18 gram cukup untuk tubuh Anda.

  • Horta Vrasta

Makanan khas Yunani selanjutnya adalah horta vrasta. Makanan ini berarti sayuran rebus dalam bahasa Yunani. Penyajian horta vrasta sendiri sangat sederhana, yaitu sayur rebus dengan tambahan jus lemon dan minyak zaitun. Horta vrasta sangat sehat bagi tubuh sebab mengandung antioksidan yang tinggi.

  • Amygdalota

Amygfalot atau lebih dikenal dengan pasteli juga merupakan makanan khas Yunani. Amydaota rasanya manis dan gurih. Amygdalota tergolong mudah untuk dibuat sehingga Anda dapat  mencoba membuatnya di rumah. Siapkan beberapa bahan seperti giula, tepung almond putih, serta air mawar. Campurkan rata lalu panggang hingga matang. Amydalota sering kali dijadikan makanan pilihan untuk acara pembaptisan atau pernikahan seseorang.

  • Souviaki

Makanan khas Yunani yang cukup populer ialah souviaki. Makanan satu ini terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil seperti sate. Daging yang digunakan untuk memasak souviaki yaitu daging ayam, domba, atau sapi. Berbagai kandungan dalam souvaki seperti vitamin B, protein, dan zat besi dapat memberi tubuh nutrisi seimbang. Souviaki memiliki berbagai kandungan berupa vitamin B, xat besi, dan protein.

  • Avgolemono

Avogolemono merupakan salah satu makanan khas Yunani. Avgolemono merupakan sup ayam dengan saus telor lemon. Avgolemono sebaiknya dikonsumsi sebagai makanna pembuka. Makanan khas Yunani satu ini juga tergolong makanan sehat

Apabila Anda sudah mencoba berbagai makanan khas Yunani, tentu Anda akan ketagihan sebab rasanya cukup nikmat meski tergolong sehat. Anda juga dapat menjalani diet makanan menggunakan menu makanan Yunani. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengkonsultasikan diet tersebut terlebih dahulu dengan dokter, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *