Kaya Akan Vitamin D, Ini Keuntungan Konsumsi Ikan Haring

Ikan dikenal sebagai salah satu jenis makanan laut yang kaya akan nutrisi. Salah satu ikan yang bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan Anda adalah ikan haring.

Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 100 jenis haring. Seluruh jenis tersebut memiliki nutrisi yang berbeda-beda. Biasanya, ikan jenis ini banyak ditemukan di kawasan Atlantik dan Pasifik.

Manfaat Ikan Haring untuk Kesehatan

Ikan haring merupakan salah satu makanan dengan sumber vitamin D yang paling baik untuk kesehatan. Vitamin D biasanya didapat oleh tubuh dari sinar matahari, namun cuaca yang berubah-ubah bisa membuat tubuh kekurangan vitamin D.

Oleh karena itu, Anda bisa menggantikan vitamin D dari sinar matahari dengan konsumsi haring. Selain itu, ada juga beberapa manfaat lain dari konsumsi haring, yaitu: 

  • Kaya akan protein

Selain vitamin D, ikan haring juga mengandung protein yang tinggi. Dalam 184 gram haring filet, terdapat kurang lebih 33 gram protein berkualitas tinggi.

Haring menyediakan sumber asam amino di dalamnya. Asam ini berperan penting dalam menjaga kesehatan berbagai aspek di tubuh Anda, seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah rambut rontok, meningkatkan daya ingat, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat juga sekitar 291 gram kalori dalam sebuah ikan haring. Kadar kalori ini cenderung cukup rendah apabila dibandingkan dengan kepadatan protein yang tersedia. Hal ini juga membuat haring cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet. 

  • Menjaga kesehatan jantung

Minyak ikan dipercaya sebagai kandungan alami yang cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini terjadi karena sejumlah penelitian telah membuktikan adanya hubungan antara asam lemak omega 3 dari ikan dengan menurunnya resiko penyakit jantung.

Anda bisa mengonsumsi minyak ikan dari berbagai jenis ikan, termasuk ikan haring. Dengan konsumsi minyak haring, Anda bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda. 

Menurut penelitian, omega 3 dari ikan, termasuk haring, efektif dalam menurunkan trigliserida, meningkatkan kolesterol baik, serta menurunkan kemungkinan detak jantung yang tidak normal. 

  • Aman bagi wanita hamil

Umumnya, wanita hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan laut, termasuk ikan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan merkuri yang banyak ditemukan pada makanan laut.

Akan tetapi, ikan haring telah terbukti aman bagi wanita hamil. Dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, kandungan merkuri yang terdapat dalam haring tergolong cukup rendah. 

Merkuri merupakan racun saraf yang sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh wanita hamil. Namun, karena kadar merkuri pada haring cukup rendah, Anda tetap bisa mengonsumsi haring apabila merindukan makanan laut di tengah masa kehamilan. 

  • Kaya akan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 adalah salah satu penyakit defisiensi nutrisi yang paling umum terjadi di seluruh dunia. Anda bisa terhindar dari penyakit ini dengan mengonsumsi haring.

Haring mengandung konsentrasi vitamin B12 yang sangat besar. Dalam satu ikan haring filet sebesar 184 gram, terdapat 419% vitamin B12. 

Bahkan, tidak hanya vitamin B12, haring juga mengandung berbagai vitamin B lainnya. Semua vitamin B yang dimiliki oleh haring memiliki peran penting dalam menjaga metabolisme dan energi tubuh. 

Masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi haring. Akan tetapi, perlu diingat, ikan haring juga seringkali menjadi salah satu makanan laut pemicu alergi. Karena itu, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap haring sebelum mulai memakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *