Jenis-Jenis Aktivitas Fisik yang Baik untuk Kesehatan

Rutin melakukan aktivitas fisik merupakan salah satu hal penting yang mampu menjaga daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan. Meskipun demikian, banyak orang yang mengartikan aktivitas fisik sebagai olahraga berat yang terkadang tampak melelahkan atau bahkan menyiksa. Sebenarnya, aktivitas fisik sendiri berarti gerakan tubuh apapun yang menggunakan otot dan membutuhkan lebih banyak energi daripada saat berolahraga. Aktivitas fisik pada umumnya mengartikan pada gerakan apapun yang meningkatkan kesehatan manusia.

Rekomendasi aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan

  • Jalan kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas yang mudah dilakukan, sehingga tentu tidak terlalu memberatkan kita. Rutin berjalan kaki dapat membantu kita untuk menurunkan kadar kolesterol, memperkuat tulang, dan mencegah berbagai penyakit parah, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu, jalan kaki juga sangat disarankan karena dapat membantu memperbaiki suasana hati, jika rutin dilakukan. Berbagai studi juga menemukan, jalan kaki dan aktivitas fisik lain dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah hilangnya ingatan terkait usia.

Jika Anda pemula, Anda cukup berjalan kaki selama 15 menit. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan durasi ini menjadi 30-60 menit dalam satu hari. Jangan lupa, untuk gunakan sepatu yang nyaman untuk Anda gunakan saat berjalan.

  • Berenang

Berenang dapat menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan. Olahraga ini dapat membantu meredakan ketegangan sendi yang menyebabkan sakit, serta membantu kita untuk bergerak lebih leluasa. Renang juga menjadi aktivitas fisik yang sangat baik untuk penderita radang sendi.

Selain itu, secara umum olahraga renang membantu menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan fisik, berbagai studi juga telah menemukan bahwa berenang dapat memberikan efek positif untuk kesehatan mental serta membantu meningkatkan suasana hati.

Selain renang, olahraga fisik di kolam yang bisa diikuti adalah aerobik dalam air. Pasalnya, aerobik dapat membantu pembakaran kalori serta membantu pembentukan badan.

  • Tai chi

Tai chi adalah bentuk aktivitas fisik tradisi China yang melibatkan gerakan lambat dan penarikan napas yang dalam. Aktivitas fisik ini sangat baik untuk tubuh serta pikiran kita. Latihan tai chi sengat disarankan untuk kelompok lanjut usia, karena aktivitas ini menawarkan keseimbangan, sesuatu yang rentan berkurang seiring pertambahan umur.

  • Latihan kekuatan

Semua kalangan bisa melakukan latihan kekuatan, baik pria maupun wanita. Rutin menjalani latihan kekuatan dapat mencegah penurunan kekuatan pada otot. Selain itu, latihan kekuatan juga dapat menjaga berat badan agar tetap ideal karena massa otot yang lebih banyak membantu tubuh dalam membakar kalori.

Kunci awal dalam melakukan latihan kekuatan adalah gerakan yang tepat. Anda disarankan untuk tidak fokus pada berat beban yang diangkat. Beban ringan dapat menjadi awal mula yang baik, asalkan gerakan yang dilakukan bisa tepat.

  • Senam kegel

Senam kegel disebutkan mampu menjaga kesehatan otot dasar panggul yang menopang kandung kemih. Dengan otot dasar panggul yang kuat, kita bisa menurunkan risiko inkontinensia urine. Inkontinensia urine dapat terjadi saat tubuh tidak mampu mengontrol diri keinginan untuk buah air kecil. Perlu diingat, senam kegel tidak hanya menyehatkan untuk wanita, namun juga untuk pria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *