Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Perkembangan Anak 3 Tahun

Perkembangan anak 3 tahun merupakan masa emas dari pertumbuhan seorang anak. Banyak hal yang akan dipelajari dan ditiru. Oleh karena itulah, Anda perlu memperhatikan tumbuh kembang anak pada usia emas ini. Jangan sampai karena ketidaktahuan Anda justru bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam masa perkembangan anak 3 tahun. Perkembangan ini menjadi hal yang penting karena masuk dalam masa emas anak. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat masa perkembangan anak 3 tahun.

Pada usia 3 tahun, seorang anak mengalami peningkatan fokus
  1. Perkembangan kognitif atau pikiran

Anak-anak pada usia ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Banyak hal yang ingin dicoba dan dilakukan untuk memenuhi rasa penasarannya. Anda sebagai orang tua sebisa mungkin untuk selalu mendampingi. Anak – anak pada tahap ini sedang semangat untuk mengeksplorasi keadaan di sekitarnya. Rasa penasaran terhadap sesuatu yang asing di matanya akan membuat anak – anak mencoba banyak hal. 

Sebagai orang tua, ketika Anda melakukan sesuatu juga harus hati – hati karena rentan untuk diikuti oleh anak-anak. Pada masa perkembangan kognitif ini banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak seperti menggambar, mewarnai, menyusun puzzle, sampai berhitung sederhana. Aktivitas ini bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan motorik anak – anak.

  1. Perkembangan emosional dan sosial

Selain perkembangan kognitif, pada usia 3 tahun ini anak – anak juga mengalami perkembangan emosi dan sosial. Pada usia 3 tahun, anak-anak mulai melakukan sosialisasi dengan orang lain di luar keluarga inti. Banyak anak-anak yang bahkan saat usia 3 tahun sudah masuk prasekolah. Melakukan interaksi dengan orang lain selain keluarga akan membantu anak untuk memahami berbagai macam emosi seperti marah, sedih, gembira maupun rasa untuk berbagai dengan teman. 

Mengenalkan berbagai macam perasaan untuk si kecil sebetulnya bisa dilatih bersama keluarga. Hal kecil seperti memberi pujian untuk anak bisa menjadi pelatihan dini. Tidak hanya pujian, membaca buku bersama juga dapat melatih perkembangan emosi anak. Melalui kegiatan membaca bersama akan membentuk hubungan emosi yang lebih dekat juga antara orang tua dengan anak. Selain itu, anak juga bisa mengeluarkan beragam ekspresi dari tokoh-tokoh yang diceritakan. 

  1. Perkembangan komunikasi

Pada perkembangan komunikasi di usia anak 3 tahun ini memang masa yang cukup menyenangkan. Anak-anak sudah dapat menyerap kata demi kata bahkan membentuk sebuah kalimat. Pada tahap ini pun orang tua bisa mengajarkan untuk mengucapkan salam, permintaan tolong sampai ucapan terima kasih. Meski sang anak mungkin belum begitu paham dari makna kata itu, tapi hal ini bisa tertanam di dalam pikirannya dan berguna juga untuk perkembangan emosi dan sosialnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk membantu perkembangan komunikasi anak adalah dengan bercerita. Kegiatan bercerita sebelum tidur juga bisa membantu anak dalam menambah kosa kata. Selain itu juga bisa meningkatkan bonding dengan orang tua.

Perkembangan anak 3 tahun ini memang perlu menjadi perhatian khusus dari para orang tua. Anak-anak dalam masa emas pertumbuhan dan perkembangan ini harus dijaga dan diarahkan dengan tepat. Perkembangan setiap anak memang berbeda-beda, jadi Anda tidak perlu untuk membandingkannya dengan anak yang lain. Akan tetapi jika memang merasa perkembangan si kecil mengalami keterlambatan, sebagai orang tua tidak ada salahnya jika berkonsultasi dengan ahlinya. Jangan sampai karena keegoisan orang tua, anak yang sedang dalam masa emas perkembangan menjadi korbannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *