Generasi Baby Boomer, Generasi Apakah Itu?

Anda mungkin sudah familiar dengan sebutan generasi milenial dan generasi Z. Tapi, pernahkah Anda mendengar tentang generasi baby boomer?

Generasi baby boomer adalah generasi dengan kelahiran antara 1946 sampai dengan 1964. Artinya, rentang usianya antara 55-75 tahun. Di era digital seperti sekarang ini, baby boomer dianggap sebagai generasi tertua.

Memahami lebih lanjut tentang generasi baby boomer

Sebutan ‘baby boomer’ sebenarnya dilatarbelakangi oleh sejarah atau keadaan pasca Perang Dunia II. Di masa itu, terjadi peningkatan angka kelahiran yang sangat drastis di seluruh dunia.

Peningkatan angka kelahiran ini juga dipengaruhi oleh faktor usainya Perang Dunia II. Hal ini membuat para tentara memiliki lebih banyak waktu di rumah dan berkeluarga.

Orang-orang yang dilahirkan pada generasi ini adalah orang-orang yang sangat menghargai hubungan. Tidak seperti generasi lainnya yang sudah terpapar teknologi sejak muda, baby boomer tidak tumbuh bersama dengan kemajuan teknologi.

Bahkan, generasi ini terbiasa menggunakan alat komunikasi yang lebih konvensional, seperti menulis surat dan menelepon. Hal-hal ini membuat mereka memiliki keterampilan interpersonal yang kuat.

Bukan berarti baby boomer tidak fasih menggunakan teknologi. Seiring berjalannya waktu, mereka pun ikut terpapar dengan kemajuan teknologi dan bisa menguasai teknologi digital.

Hanya saja, baby boomer menggunakan teknologi sebagai alat produktivitas, bukan sebagai alat untuk berkoneksi atau bersosialisasi dengan orang lain.

Karakteristik generasi baby boomer

Setiap generasi memiliki karakteristik masing-masing. Karakteristik itu terbentuk oleh kondisi yang terjadi semasa hidup mereka.

Bagi generasi baby boomer, peristiwa-peristiwa besar pasca Perang Dunia II banyak membentuk karakter mereka. Karakteristik ini berupa:

  • Percaya diri

Pada generasi yang lebih muda, masalah kesehatan mental akibat rasa tidak percaya diri sering menjadi masalah. Tapi, hal ini tidak ditemukan pada baby boomer. Mereka adalah generasi yang penuh dengan rasa percaya diri.

Karena apa yang telah dialami semasa muda, baby boomer percaya bahwa kerja keras akan membawa perubahan.

Selain itu, harus diakui, generasi inilah yang memberikan banyak pengaruh pada terbentuknya budaya di suatu bangsa. Hal inilah yang membuat mereka menjadi lebih percaya diri.

  • Pengetahuan luas

Generasi baby boomer mengalami sendiri perubahan teknologi dari masa ke masa. Mereka sudah merasakan hidup tanpa dan dengan teknologi. Ini membuat mereka memiliki pengetahuan yang lebih luas.

Kemunculan teknologi juga dimulai oleh generasi ini. Walaupun kini pengetahuan mereka mungkin tidak sebanding dengan generasi yang lebih muda, tapi baby boomer terbiasa belajar untuk terus memperbaiki diri, sehingga menjadi generasi yang banyak akal.

  • Menghargai hubungan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, generasi ini sangat menghargai hubungan. Mereka menganggap upaya menjalin hubungan dengan orang lain sangat berharga dan tidak bisa tergantikan.

Karena itulah, sebagian besar baby boomer masih menjalankan tradisi keluarga untuk kumpul bersama di perayaan-perayaan tertentu, seperti Natal, Imlek, dan lain sebagainya.

  • Berorientasi pada tujuan

Ketiak dilahirkan pasca Perang Dunai II, generasi baby boomer belum menjalani hidup dengan kenyamanan seperti saat ini. Mereka dibesarkan dengan pandangan dari para orang tua mereka tentang impian menjadi bangsa yang bebas.

Inilah yang membuat mereka menjadi berorientasi pada tujuan, bukan pada apa yang sudah terjadi. Mereka memiliki dorongan tinggi dalam diri untuk mencapai tujuan mereka.

Karakteristik di atas bisa menjadi gambaran umum bagi sebagian besar generasi baby boomer. Jika Anda tinggal bersama dengan baby boomer, Anda bisa mencoba lebih memahami mereka dengan memperhatikan karakteristik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *