Cek Fakta Seputar Mitos Gejala GERD Berikut

Apakah Anda pernah mendengar istilah GERD? GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah suatu gangguan sistem pencernaan. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung mengalir kembali (refluks) ke kerongkongan (esofagus).

Di bawah ini, Anda akan menemukan mitos-mitos seputar gejala GERD yang mungkin sering Anda dengar. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memercayai mitos tersebut, ada baiknya untuk mengecek kembali fakta yang ada di baliknya.

  • Makanan pedas adalah penyebab utama GERD

Makanan pedas umumnya sering dijadikan alasan atau penyebab terjadinya gejala GERD. Namun, kenyataannya tidaklah seperti itu. Meskipun memang makanan pedas dapat memicu terjadinya gejala GERD.

Pada dasarnya, lambung setiap orang memiliki respon berbeda terhadap rasa pedas. Mengingat kembali semua makanan dan minuman yang telah Anda konsumsi dapat membantu Anda menemukan penyebab gejala GERD yang dialami. Bisa saja gejala tersebut muncul karena minuman atau makanan asam, minuman bersoda, mengandung kafein, maupun beralkohol.

  • Rasa panas di dada adalah satu-satunya gejala GERD

Keluhan umum yang sering diberitakan oleh pasien tentang gejala GERD adalah rasa panas di dada sesaat setelah makan, terutama ketika dalam posisi berbaring. Namun, Anda juga perlu mengetahui gejala GERD lainnya. Tidak hanya rasa panas di dada, namun GERD juga dapat ditandai dengan gejala, seperti batuk dan bau mulut, walaupun gigi dan gusi Anda dalam keadaan sehat.

  • GERD dapat diatasi dengan mudah hanya dengan minum obat

Ungkapan di atas sepertinya perlu untuk diluruskan. Pasalnya, GERD tidak boleh dibiarkan begitu saja. Obat memang mampu menetralkan asam lambung atau mengurangi produksi asam lambung itu sendiri. Namun, jika Anda tidak melakukan perubahan gaya hidup dan menerapkan pola makan yang sehat, maka gejala GERD akan terus datang berulang kali.

  • GERD merupakan gangguan sepele yang hanya membuat Anda tidak nyaman

Banyak orang yang merasa bahwa GERD tidak berdampak secara signifikan terhadap kondisi kesehatan keseluruhan tubuh. GERD hanya menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, hal tersebut tidaklah benar. Kenyataannya, akan ada dampak yang lebih parah jika Anda terus membiarkan kerongkongan Anda terkena asam lambung. Lapisan pada kerongkongan Anda akan rusak dan berubah. Pada akhirnya, kondisi ini dapat memicu terjadinya kanker pada kerongkongan.

Dengan mengetahui fakta di balik mitos-mitos GERD di atas, semoga Anda lebih peka terhadap kondisi kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *