Cegah Hipotensi dengan Mengubah Gaya Hidup yang Lebih Sehat

Hipotensi atau tekanan darah rendah umumnya tidak memiliki gejala berbahaya. Kondisi ini biasanya terjadi dengan gejala ringan dan tidak membutuhkan pengobatan khusus. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari timbulnya hipotensi, seperti:

  • Memenuhi kebutuhan garah harian. Terlalu banyak garam, bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Begitu pun sebaliknya terlalu sedikit garam dapat menyebabkan hipotensi.
  • Konsumsi banyak air. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan hipotensi.
  • Batasi konsumsi alkohol harian
  • Pada kondisi tertentu, Anda perlu menggunakan stoking penahan elastic atau stoking kompresi yang menutupi betis dan paha. Hal ini dapat membantu mengatasi aliran darah ke kaki sehingga lebih banyak darah di tubuh bagian atas dan mengurangi kemungkinan hipotensi.
  • Olahraga secara teratur juga dapat bermanfaat dalam memperlancar aliran darah
  • Makanlah dalam porsi kecil dan lebih sering, sebaiknya hindari mengonsumsi obat yang dapat menurunkan tekanan darah sebelum makan.

Selain hal di atas, hindari pula mengangkat barang berat, mengejan, maupun berdiri diam dalam waktu yang lama. saat mandi, hindari kontak dengan air panas terlalu lama.

Obat-obatan untuk hipotensi

Jika Anda terus mengalami gejala tekanan darah rendah, meskipun sudah melakukan perubahan di atas. Maka dokter akan memberikan obat untuk mengatasi hipotensi yang Anda alami. Pilihan obatnya berupa fludrokortision dan midodrin.

Fludrokortison adalah obat yang dapat digunakan pada sebagian besar kasus hipotensi. Obat ini bekerja untuk menahan air dalam tubuh sehingga tekanan darah meningkat. Akan tetapi, kekurangan obat ini bisa membuang kalium dari dalam tubuh. Oleh karena itu, jika mengonsumsi obat ini, pastikan kebutuhan kalium harian Anda terpenuhi.

Pilihan lainnya adalah obat midodrine. Obat ini bekerja dengan mengaktifkan reseptor pada pembuluh darah arteri dan vena yang berperan untuk meningkatkan tekanan darah. Midodrine bermanfaat terutama pada hipotensi postural yang berkaitan dengan disfungsi sistem saraf.

Perlu Anda ketahui, gejala hipotensi atau tekanan darah rendah sangat menyerupai dengan gejala beberapa penyakit lainnya. Kondisi ini ringan dan tidak berbahaya jika dapat segera ditangani. Akan tetapi, jika Anda sering mengalami pusing atau sering mengalami pingsan secara tiba-tiba, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *