Cara Membuat Masker Alami Dengan Berbagai Tujuan

Anda memiliki masalah dengan jerawat, kulit berminyak, keriput, dan tanda-tanda penuaan? Memiliki kulit yang indah tidak hanya mengandalkan faktor genetik Anda saja. Anda juga perlu melakukan rutinitas perawatan kulit seperti membersihkan, melembabkan, dan melakukan exfoliating pada kulit wajah Anda. Beberapa orang mengunjungi spa untuk menjaga tampilan yang tampak muda dan sehat. Akan tetapi, hal tersebut akan menyita banyak waktu dan biaya. Memang benar manfaat yang Anda dapatkan dari perawatan di spa sangat baik bagi kulit, namun apa yang terjadi apabila Anda bisa mendapatkan hasil serupa hanya dengan tahu cara membuat masker alami di rumah?

Menggunakan bahan-bahan yang banyak Anda temui di dapur, seperti madu, pisang, alpukat, dan oatmeal, Anda bisa mempraktekkan cara membuat masker alami di rumah sendiri. Mulai dari noda hitam hingga kulit yang tampak kusam, resep berikut akan mengatasi berbagai macam gangguan kulit yang umum dijumpai.

  • Masker jerawat

Jerawat dianggap sebagai gangguan kulit utama di seluruh dunia. Jerawat berkembang ketika minyak, sel kulit mati, dan bakteri menyumbat pori-pori. Akan tetapi, protein dalam putih telur dapat membantu membunuh bakteri di kulit dan menghilangkan noda pada kulit. Cara membuat masker alami dari putih telur ini, Anda hanya perlu menyiapkan 2-3 putih telur. Celupkan “cotton swab” pada putih telur dan oleskan ke seluruh permukaan wajah. Biarkan masker selama 10 hingga 15 menit, untuk kemudian bersihkan dengan kain lembab dan oleskan pelembab kulit.

  • Masker hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi pasca-peradangan mengacu pada daerah kulit yang gelap yang disebabkan karena jerawat, usia, dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Perawatan dermatologi dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi, namun biasanya metode ini sangat mahal. Anda bisa mempraktekkan cara membuat masker alami dari kunyit sebagai perawatan alternatif. Masker kunyit dapat mengurangi peradangan. Siapkan setengah sendok teh bubuk kunyit dan 1 hingga 2 sendok teh madu murni. Cara membuat masker alami dari kunyit dan madu ini adalah dengan mencampur bahan hingga berbentuk seperti krim untuk kemudian dioleskan (sambil dipijatkan) ke kulit wajah Anda. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas muka menggunakan air hangat.

  • Masker pori-pori yang tersumbat

Oatmeal dan soda api memiliki sifat eksfoliasi, yang mana dapat membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Siapkan dua sendok teh oatmeal da 1 sendok teh soda api. Campur keduanya dan tambahkan sedikit air hingga memiliki tekstur masker pada umumnya. Oleskan ke wajah dan biarkan hingga kering. Bilas menggunakan air hangat dan oleskan pelembab pada wajah Anda.

  • Masker kulit berminyak

Kulit wajah berminyak terjadi ketika pori-pori kulit Anda memproduksi terlalu banyak sebum, minyak alami kulit. Minyak dapat menyumbat pori-pori, memicu terjadinya jerawat dan peradangan. Pisang dapat membantu menyerap minyak pada kulit, sementara buah lemon dapat membersihkan pori-pori. Cara membuat masker alami ini adalah dengan mencampur pisang, 10 tetes jus lemon, dan 1 sendok teh minyak zaitun murni, untuk kemudian dioleskan ke wajah. Diamkan selama 15 menit dan cuci muka menggunakan air hangat.

Cara membuat masker alami di atas dapat Anda praktekkan di rumah untuk dijadikan rutinitas perawatan kulit agar dapat meningkatkan penampilan wajah, melawan jerawat, dan mengatasi minyak berlebih. Selain itu, karena masker terbuat dari bahan-bahan alami, Anda bisa menutrisi, menghidrasi, dan melembabkan kulit wajah sehat Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *